Kamis, 02 April 2009

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW

SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR

DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PEJARANA KKPI

PADA KELAS XI Penjualan 1 SMT 1 SMKN 4 JEMBER

TP. 2008/2009



OLEH : Abd. Muis, S.Pd.,MM

SMK NEGERI 4 JEMBER


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) dalam arti yang luas bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa, sehingga dapat melangkah kejalur profesi yang diminati. Pelaksanaan pembelajaran KKPI untuk ini yaitu penerapan pembelajaran yang memperhatikan model-model inovasi yang mendorong siswa berfikir mandiri dan lebih berpusat pada siswa (Student centered learning). Untuk kepentingan tersebut diatas guru lebih berperan sebagai fasilitator, atau pemandu belajar, bertugas membimbing dan pengarahkan siswa dalam belajar.

Tujuan pindidikan Microsoft Excel di SMK memberikan pengetahuan untuk memahami penerapan konsep Microsoft Excel dan saling keterkaitannya, serta mampu menerapkan konsep-konsep Microsoft Excel dan metoda ilmiah yang melibatkan keterampilan proses untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Pembelajaran Microsoft Excel selama ini di SMK Negeri 4 Jember kurang diminati siswa karena beberapa hal :

1. Kurangnya Aktifitas siswa kecuali hanya mendengarkan guru berbicara menyampaikan materi pelajaran.

2. Hasil belajar siswa pada pelajaran Microsoft Excel rendah yaitu rerata Nilai Koqnitif 51

3. Interaksi sesama siswa dalam belajar sangat rendah

4. Kerja sama ( kooperatif) antar siswa sangat rendah.

5. Peran guru lebih dominan

Kurikulum mata pelajaran Microsoft Excel di SMK untuk semester ganjil di kelas XI salah satunya adalah memuat kompetensi Logika pengujian IF. Karena luasnya cakupan materi yang harus dikuasai siswa tidak hanya bersifat teoritis tetapi harus ditunjang dengan praktek membuat pelajaran pada kompetensi ini menjadikan tantangan tersendiri. Penulis mencoba memperbaiki pembelajaran Microsoft Excel menjadi indah, menarik, inovatif, koperatif dan bermakna bagi siswa maka penulis memilih menerapkan model pembelajaran Koopertive Tipe Jigsaw pada kompetensi fungsi pengujian logika IF di kelas XI Pj-1 semester ganjil pada SMK Negeri 4 Jember dengan tujuan meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa dalam belajar Microsoft Excel.

Model pembelajaran ini dapat meningkatkan Hasil belajar siswa di sekolah dan menyampaikan pendapat secara logis dan mendengar pendapat orang lain, kerjasama kelompok yang baik sehingga terbangun kemampuan kecakapan komunikasi, sifat menghargai pendapat orang lain dan memperoleh keterampilan bekerjasama dalam belajar. Agar pembelajaran menjadi indah, menarik, inovatif, koperatif dan bermakna bagi siswa.

Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas maka permasalahan dalam pembelajaran Microsoft Excel di kelas XI SMK Negeri 4 Jember secara umum adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Microsoft Excel. Permasalahan tersebut rinciannya dapat diidentifikasi sebagai berikut :

1. Rendahnya aktivitas siswa akibat dari kebiasan siswa yang selalu mendengar tanpa aktifitas praktek saja.

2. Rendahnya hasil belajar karena kurangnya kemampuan siswa untuk memahami dan menyimpulkan materi pelajaran.

3. Kurangnya kemampuan siswa untuk belajar sendiri dan berkelompok akibat terumpunya guru sebagai sumber belajar yang paling dominan di kelas.

4. Kurangnya kemampuan siswa mengkaitkan materi yang dipelajari dengan persoalan kehidupan seharari-hari di lingkungan mereka akibat tidak kontekstual materi pelajaran yang disajikan kepada siswa.

Masalah–masalah yang teridentifikasi tersebut diatas, perlu segera dipecahkan agar tidak menjadi berkepanjangan dan menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Untuk mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa tersebut maka penelitian ini difokuskan pada upaya penerapan Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw dalam pembelajaran Microsoft Excel.

Penelitian ini dilakukan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran Matematika, dan dengan sarana dan prasarana serta fasilitas lainnya yang ada di SMK 4 Jember.

B. Rumusan masalah

Berdasarkan paparan latar belakang, sebab akibat dan alasan maka permasalahaan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut

1. Apakah Pembelajaran Koopertive Tipe Jigsaw dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada materi Microsoft Excel siswa kelas XI Pj-1 semester ganjil di SMK Negeri 4 Jember.

2. Sejauh mana penggunaan Pembelajaran Koopertive Tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Microsoft Excel pada siswa kelas XI Pj-1 semester ganjil di SMK Negeri 4 Jember.

C. Tujuan Penelitian

  1. Meningkatkan aktivitas siswa dalam pelajaran Microsoft Excel melalui metode Pembelajaran Koopertive Tipe Jigsaw pada mata pelajaran Microsoft Excel di kelas XI Pj-1 SMKN 4 Jember.
  2. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Microsoft Excel melalui metode Pembelajaran Koopertive Tipe Jigsaw di kelas XI Pj-1 semester ganjil SMK 4 Jember.

D. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :

  1. Mengembangkan wawasan dan pengalaman peneliti dalam peningkatan kualitas mengajar.
  2. Meningkatkan aktivitas siswa dalam Pembelajaran Microsoft Excel di SMK 4 Jember.
  3. Meningkatnya hasil belajar siswa pada materi pelajaran Microsoft Excel di kelas XI Pj-1 SMK 4 Jember.
  4. Sebagai rujukan bagi guru – guru di SMKN 4 Jember.

1 komentar:

  1. Ass.

    Trims infox, sangat berguna bwt qt2 yang lagi da tgs PTK.

    Wassalam

    BalasHapus